SELAMAT DATANG DI BLOG INI,SEMOGA BERMANFAAT

24 Des 2010

..Level seorang penyanyi....

...........LeVEl PenyaNYi...........

Setiap penyanyi pasti memiliki karakter atau jenis suara berbeda - beda, jika di klasifikasikan jenis suara manusia di bagi 3 (bisa di baca di posting blog ini sebelumnya yang judulnya Vokal)
dan mempunyai jangkauan /range vokal berbeda -beda yang standar si 2 sampai 3 oktav,
okelah tanpa basa - basi kalian bisa baca ni tingkatan seorang penyanyi dari yang begginer sampai pro oke...

@Tingkat pertama yaitu seorang penyanyi yang bernyanyi baik suaranya keras atau pelan namun dia tidak bisa memasukan suara ke nada sama sekali (bisa di sebut penyanyi Ecek),

contohnya : seorang penyanyi yang bernyanyi di iringi musik yang bernada C mayor,namun sang penyanyi malah nadanya D atau bahkan E...kan gak masuk tu....ya kaya begitu itu,tingkatan awal.

@Tingkat kedua yaitu seorang penyanyi yang bisa bernyanyi sudah masuk ke nada namun ia bingung jika di beri nada / mengikuti nada lain,..
contohnya :seorang penyanyi yang bernyanyi di nada C mayor ia lancar dan bisa, lalu ia di suruh oleh seorang aranger bernyanyi di nada D,.maka ia bingung dan tidak bisa,.karna sulit untuk memasukan nada.

@Tingkat ketiga yaitu seorang penyanyi yang sudah mampu bernyanyi dan sudah bisa memasukan suara ke semua nada namun ,memiliki tekhnik pernafasan yang buruk,bernyanyi dengan suara ngotot,serta artikulasinya kurang
contohnya : seorang penyanyi bernyanyi di atas panggung namun setiap ia mengeluarkan nafas terdengar di sound serta bernyanyi dengan tidak santai alias tertiak ngotot..

@Tingkat keempat yaitu seorang penyanyi yang sudah menguasai tekhnik pernafasan,artikulasi,namun jika bernyanyi masih agak ngotot di nada tinggi sehingga terdengar suaranya agak kasar.

@Tingkat kelima yaitu seorang penyanyi yang sudah menguasai banyak tekhnik ,mulai dari tekhnik intonasi,pernafasan,artikulasi,frasering,dan di nada tinggi sudah kedengaran indah,..
namun kurang memiliki vibra di suaranya yang biasanya terdengar di setiap akhir kalimat,.
namun vibra setiap orang berbeda-beda dan relatif, ada yang vibranya terdengar kecil/biasa - biasa saja,ada yang terdengar nyaman dan agak besar (ex: vokalist D'masiv,Seventeen,drive dll),ada yang sangat terdengar dan mempunyai vibra panjang atau biasa di sebut vibra kambing,karna suranya menyerupai suara kambing(ex:biasanya di pakai oleh penyanyi keroncong ,seriosa dll)

@Tingkat keenam yaitu penyanyi yang memiliki semua tekhnik yang ada di lima tingkat di atas tadi,..dan tingkat 6 ini ,seorang penyanyi bisa menguasai improvisasi(variasi pada lagu) yang baik, serta vibra yang baik, tepat dan tidak berlebihan, yang di gunakan pada setiap kalimat / syair lagu sehingga lagu tidak terdengar LEBAY,serta lebih enak di dengar sebab alunan improvisasi dan vibra yang baik.
namun di level/tingkatan ini seorang penyanyi mempunyai kekurangan yaitu menguasai nada sempurna,yang biasanya di kuasai oleh penyanyi2 paduan suara istana presiden,..yang mereka menguasai partitur - partitur lagu atau bisa di sebut mereka menguasai not balok,dan angkat.

@Tingkat ketujuh yaitu seorang penyanyi yang sudah menguasai segala tekhnik vokal,serta mempunyai nada sempurna,(waw asik sekali).

Tidak ada komentar: